Analisis Dan Simulasi Spektrum Sinyal AM Dengan Menggunakan Matlab

Authors

  • Khairunnisa Khairunnisa Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/eltikom.v1i1.13

Keywords:

Amplitude Modulation, Matlab, Signal Spectrum

Abstract

Modulasi amplitudo (Amplitude Modulation / AM) adalah proses penumpangan sinyal pembawa terhadap sinyal informasi dimana amplitudo sinyal pembawa yang dipancarkan berubah mengikuti perubahan amplitudo sinyal informasi. Salah satu cara memahami  mekanisme sinyal AM adalah dengan memahami karakteristik fisik sinyal AM. Ini adalah hal yang tidak mudah karena sinyal AM melibatkan persamaan matematika kompleks. Perangkat lunak yang digunakan adalah GUI Matlab. Analisis dilakukan dengan terlebih dahulu menentukan persamaan matematis sinyal AM dan komponen parameter sinyal yaitu amplitudo dan frekuensi. Selanjutnya membuat desain template figure, mengatur properti komponen setiap UIControl, membuat listing programnya untuk kemudian dianalisis dengan memasukkan nilai parameter amplitudo sinyal yang berbeda untuk menghasilkan nilai indeks modulasi (mA) yang bervariasi yaitu 0.25, 0.5, 1 dan 1.5. Frekuensi informasi sebesar 250 Hz dan 500 Hz, frekuensi pembawa 1,5 kHz dan 400 Hz.  Hasil analisis menunjukkan bahwa  batas-batas nilai indeks modulasi (mA) yang ideal adalah : 0 £ mA £ 1 dengan frekuensi sinyal pembawa harus lebih tinggi daripada sinyal informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Anggoro Adi Sucipto dan Bambang Suprianto, 2016 . Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan GUI Matlab pada Pokok Bahasan Modulasi Analog dan Digital Kelas XI TAV SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.Vol 5, No 2. Surabaya.
[2] Budi Setiyanto. 2010. Dasar-dasar Telekomunikasi. Sakti. Yogyakarta.
[3] Dennis Roddy dan John Coolen. 2005. Komunikasi Elektronika. Penerbit Erlangga. Jakarta.
[4] Dwi Aryanta, Arsyad Ramadhan Darlis, Wirda Sri Farhani. 2014. Simulasi Sinkronisasi Carrier Pada Modulasi Digital Menggunakan Matlab. Jurnal Elkomika No.2 Vol. 2. Institut Teknologi Nasional Bandung.
[5] Khairunnisa. 2015. Diktat Mata Kuliah Teknik Telekomunikasi 1. Politeknik Negeri Banjarmasin.
[6] Putri Alit Widyastuti Santiary. 2009. Sistem Verifikasi Modul Modulasi FM (Frekuensi Modulasi) Menggunakan Bahasa Pemrograman Matlab. Jurnal Teknologi Elektro Vol 8, No 2. Universitas Udayana.

Downloads

Published

12-06-2017

How to Cite

[1]
Khairunnisa, K. 2017. Analisis Dan Simulasi Spektrum Sinyal AM Dengan Menggunakan Matlab. Jurnal ELTIKOM : Jurnal Teknik Elektro, Teknologi Informasi dan Komputer. 1, 1 (Jun. 2017), 47–55. DOI:https://doi.org/10.31961/eltikom.v1i1.13.

Issue

Section

Articles