Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Informasi Museum Fatahillah Dan Museum Wayang Menggunakan Metode Markerless

  • Nadia Muis Farhany Universitas Nasional
  • Septi Andryana Universitas Nasional
  • Ratih Titi Komalasari Universitas Nasional
Keywords: Augmented Reality, Android, 3D Object Tracking

Abstract

Museum Fatahillah dan Museum Wayang merupakan Museum Sejarah yang berada dikawasan kota tua Jakarta. Namun masalah yang terjadi saat ini adalah kurangnya media untuk mengenalkan kembali sejarah dan pengetahuan berdirinya Museum Fatahillah dan Museum Wayang Maka pada penelitian ini, dirancanglah sebuah aplikasi Augmented Reality berbasis Android sebagai media informasi menggunakan metode markerless 3D Object Tracking. Aplikasi Augmented Reality museum ini menyediakan ftur- fitur yang dapat menarik pengguna dalam mencari informasi. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu berupa sebuah 3D object dengan tambahan informasi berupa teks dan video Animasi, yang bertujuan sebagai salah satu pembelajaran alternativ berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. R. E. Geken, “Jumlah Pengunjung Objek Wisata Kota Tua Capai 50 Ribu Orang,” TEMPO.CO, 2019. [Online]. Available: https://metro.tempo.co/read/1212569/jumlah-pengunjung-objek-wisata-kota-tua-capai-50-ribu-orang/full&view=ok.
L. S. B. Ginting, M. Pamungkas, and Y. R. Ginting, “Metode Markerless Untuk Membangun Aplikasi Pemandu Wisata Wilayah Ciayumajakuning Berbasis Mobile Android,” J. Teknol. dan Inf., vol. 7, no. 2, pp. 65–78, 2017.
H. Vitono, H. Nasution, and H. Anra, “Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android (Studi Kasus : Museum Kalimantan Barat),” Univ. Tanjungpura Pontianak, vol. 2, no. 4, pp. 239–245, 2016.
A. A. K. Oka Sudana, K. S. Wibawa, and I. M. A. D. Tirtha, “Learning media of Balinese script writing based on augmented reality,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 90, no. 1, pp. 31–39, 2016.
F. N. Afif and A. H. Basori, “Orientation Control for Indoor Virtual Landmarks based on Hybrid-based Markerless Augmented Reality,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 97, pp. 648–655, 2013.
I. G. G. R. Wiradarma, I. G. M. Darmawiguna, and I. M. G. Sunarya, “Pengembangan Aplikasi Markerless Augmented Reality Balinese Story ‘I Gede Basur,’” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, p. 30, 2017.
I. G. Aditya Nugraha, I. K. G. D. Putra, and I. M. Sukarsa, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Museum Bali Berbasis Android Studi Kasus Gedung Karangasem dan Gedung Tabanan,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 7, no. 2, p. 93, 2016.
R. R. Relifian and S. C. Wibawa, “Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Pengambilan Sudut Gambar Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality Berbasis android,” J. IT-EDU, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2018.
Y. A. Pramana, K. C. Brata, and A. H. Brata, “Pembangunan Aplikasi Augmented Reality untuk Pengenalan Benda di Museum Berbasis Android ( Studi Kasus : Museum Blambangan Banyuwangi ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 5, pp. 2034–2042, 2018.
N. M. Sudiartini, I. G. M. Darmawiguna, and I. M. G. Sunarya, “Pengembangan Aplikasi Markerless Augmented Reality Balinese Story ‘Calon Arang,’” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 13, no. 2, 2016.
L. Carozza, D. Tingdahl, F. Bosché, and L. van Gool, “Markerless vision-based augmented reality for urban planning,” Comput. Civ. Infrastruct. Eng., vol. 29, no. 1, pp. 2–17, 2014.
M. E. Kesehatan and G. B. Anak, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model,” Citec J., vol. 2, no. 1, 2014.
M. Jumarlis and M. Mirfan, “Implementation of Markerless Augmented Reality Technology Based on Android to Introduction Lontara in Marine Society,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 156, no. 1, 2018.
B. A. S. Zwingly Ch Rawis, Virginia Tulenan, “Penerapan Augmented Reality Berbasis Android Untuk Mengenalkan Pakaian Adat Tountemboan,” J. Early Child. Teach. Educ., vol. 19, no. 3, pp. 227–233, 1998.
K. N. E. Aldi Apriansyah, Dhimas Mulia Anugraha, Galuh Prakoso, Rudi, and Priyana, “Aplikasi Pengenalan Hewan dengan Teknologi Marker Less Augmented Reality Berbasis Android,” DOUBLECLICK J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 1, 2017.
G. E. Saputra and E. Pratama, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Negara-Negara Pendiri Asean Dengan Penerapan Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Pada Smartphone Berbasis Android,” J. Ilm. KOMPUTASI, vol. 17, no. 1, pp. 63–73, 2012.
Published
2019-12-21
Section
Articles
Abstract viewed = 574 times
PDF downloaded = 799 times