Sistem Informasi Geografis Jukung Pedagang Pasar Terapung Kuin Kota Banjarmasin

  • Dewi Nur Indah Sari Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Ferry Sobatnu Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Nurul Inayah Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Pasar Terapung, SIG, Database, Peta dan Visual Basic

Abstract

Banjarmasin merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Selatan yang dikenal sebagai kota seribu sungai. Kota ini bernama Banjarmasin karena kondisi geografisnya yang dikelilingi oleh sungai besar dan kecil. Salah satu aktivitas masyarakat di atas sungai adalah jual beli di Pasar Terapung. Pasar Terapung  tidak memiliki organisasi seperti pada pasar didaratan, sehingga tidak tercatat berapa jumlah pedagang atau pembagian pedagang berdasarkan barang dagangannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat Sistem Informasi Geografis Jukung Pedagang di Pasar Terapung Kuin. Penelitian ini menggunakan model sekuensial linier. Data dikumpulkan melalui proses wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini yaitu menampilkan data jukung pedagang melalui Peta Rute Jukung Pasar Terapung Kuin dan memvisualisasikan database dalam bentuk tampilan Visual Basic 6.0. Informasi yang ditampilkan antara lain yaitu data pedagang, data teknik jukung, data operasional jukung , data koordinat rumah dan rute perjalanan yang ditempung masing-masing jukung pedagang Pasar Terapung Kuin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rochgiyanti, “Fungsi Sungai Bagi Masyarakat di Tepian Sungai Kuin Kota Banjarmasin,” J. Komunitas, vol. 3, no. 1, pp. 51–59, 2011.
Akhbianor; E. Normely; dan P. Anggraeni, “1. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lambung Mangkurat 2. Dosen Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lambung Mangkurat 26,” J. Pendidik. Geogr., vol. 2, no. 6, pp. 26–39, 2015.
“Aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 Dalam Pembuatan Sistem Informasi Di Smp Negeri 4 Kudus Tahun 2008,” 2008.
P. Lestari et al., “Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pemetaan Pariwisata Kabupaten Kebumen,” Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, pp. 45–57, 2013.
Kadir 2014:218, “Pengenalan Sistem Informasi,” Am. Enterp. Inst. Public Policy Res., no. August, pp. 1–19, 2014.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, “Sungai dan kehidupan masyarakat banjarmasin,” 2012.
R. Rahmitiasari et al., “Perubahan Arah Hadap Bangunan Pada Permukiman Tradisional,” January 2014.
Sakdiah,“Peran Pedagang Perempuan Pasar Terapung Dalam Melestarikan Tradisi Dan Kearifan Lokal Di Kalimantan Selatan,” IAIN Antasari Banjarmasin, 2016.
H. M. Hanafiah, “Masyarakat Banjar,” Al-Tahrir, vol. 15, no. 1, pp. 201–217, 2015.
Ridhoni, “Jukung Dalam Persepktif Nilai Sosial Masyarakat Banjar Di Desa Pulau Sewangi,” Development, vol. 134, no. 4, pp. 635–646, 2007
Published
2019-02-03
Section
Articles
Abstract viewed = 45 times
PDF downloaded = 77 times