Penerapan Algoritma Kriptografi TEA Dan Base64 Untuk Mengamankan Email Data Policy Asuransi

  • Siswanto Siswanto Teknik Informatika
  • Muhammad Anif Universitas Budi Luhur
  • Windu Gata STMIK Nusa Mandiri
Keywords: Algoritma kriptografi TEA, Decript, Encrypt, Email Data Policy Asuransi, PHP

Abstract

Aplikasi pengamanan data ini dirancang untuk mengamankan email data penting pada PT. Dekai Indonesia terutama data policy yang berisi data pribadi para nasabah. Karena banyaknya data penting para nasabah maka keamanan data tersebut menjadi sangat rentan terhadap pencurian dan manipulasi data dari berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab mengingat sering juga data tersebut dikirimkan menggunakan fasilitas email. Dengan banyaknya data penting yang sering juga bersifat rahasia tersebut, maka data tersebut menjadi rentan dengan pencurian data, manipulasi data atau penyadapan email. Permasalahan tersebut dapat dihadapi demgan membuat aplikasi untuk mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab dapat membaca isi file dari data transaksi. Juga menjamin keaslian data sensitif dan penting hanya dapat diterima dan dibaca oleh orang-orang yang berhak mendapatkan data. Dalam penulisan ini algoritma  yang  digunakan dalam  kriptografi,  yaitu  algoritma  kriptografi TEA (Tiny Encryption Algorithm). Penggunaan sistem kriptografi ini dimaksudkan agar data tersebut tidak mudah dibobol. Bahasa  pemrograman  yang  digunakan  dalam  membangun  aplikasi  pengamanan  data  ini adalah  bahasa  pemrograman  PHP  yang  berbasis  web. Hasil dari pengujian kriptografi ini, data dapat diamankan untuk menghindari serangan cryptanalysis. Rata-rata ukuran file yang telah melalui proses encrypt bertambah sekitar 33,29512 persen dari ukuran asli file sebelum melalui proses encrypt. Rata-rata perubahan ukuran file yang telah melalui proses decrypt akan berkurang sebesar 25.0231 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. W. Group, “RFC 5321 – Simple Mail Transfer Protocol.” .
J. Leyden, “US court test for rights not to hand over crypto keys,” Regist., 2011.
W. Stallings, Network and Internetwork Security. Prentice Hall Inc, 1995.
A. Kurniawan, Konsep dan Implementasi Cryptography dengan .NET. Dian Rakyat.
I. Setiawan, “Aplikasi Kriptografi Dengan Algoritma Tiny Encryption Algorithm Menggunakan Microsoft Visual Basic,” Universitas Mercu Buana, 2017.
D. U. Daihani, Sistem Pendukung Keputusan. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2001.
G. Qian, S. Sural, Y. Gu, and S. Pramanik, “Similarity between Euclidean and cosine angle distance for nearest neighbor queries,” in Proceedings of the 2004 ACM symposium on Applied computing - SAC ’04, 2004, p. 1232.
M. Shoeb and V. K. Gupta, “A Crypt Analysis Of The Tiny Encryption Algorithm In Key Generation,” Int. J. Comput. Technol., vol. 1, no. 38, 2013.
A. T. Sholeh, E. Gunadhi, and A. Supriatna, “Mengamankan Skrip Pada Bahasa Pemograman PHP Dengan Menggunakan Kriptografi Base64,” J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. 10, no. 1, 2013.
R. Khoirianti, N. Hidayah, and V. Widyaningsih, “Implementasi Algoritma Tea Untuk Enkripsi Dan Dekripsi Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic,” Academia, 2014.
Published
2018-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 605 times
PDF downloaded = 926 times