Implementasi Sistem Temu Kembali Informasi Pada Dokumen Mutu

  • Abdul Rahman Kadafi STMIK Nusa Mandiri
Keywords: Temu Kembali, Dokumen Mutu, Pencarian dokumen

Abstract

Dalam sistem manajemen mutu pendokumentasian dokumen mutu menjadi salah satu hal utama dalam persyaratan manajemen mutu. Dokumen pada manajemen sistem kendali mutu dapat disimpan dalam bentuk dokumen digital yang dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan. Implementasi temu kembali informasi dalam pencarian dokumen mutu pada sistem manajemen mutu diharapkan dapat membantu pengguna dalam menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan dalam waktu singkat untuk jumlah data yang besar. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menyusun koleksi dokumen sebagai bagian perangkat pengujian sistem temu kembali informasi untuk dokumen teks berbahasa Indonesia dalam dokumen mutu dan membangun mesin pencari untuk membantu melakukan pencarian dokumen menggunakan metode Sistem Temu Kembali Informasi. Implementasi sistem temu kembali informasi dengan merancang mesin pencari berbasis web, yang diharapkan dapat membantu melakukan pencarian dokumen dalam koleksi dokumen mutu. Pencarian dapat dilakukan dengan memberikan kata kunci dengan jumlah kunci satu atau lebih atau dapat juga menggabungkan lebih dari satu kata kunci. Penggunaan mesin pencari dapat dimanfaatkan oleh manajemen, tim mutu, dan pegawai untuk mencari dokumen yang sesuai dengan proses yang akan dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Marzuki, Imam, “Temu Kembali Informasi Big Data menggunakan K-Menas dan Clusterring”, Smatika Jurnal, Vol 5. No. 2. ISSN. 2087-0256. STMIK Indonesia Malang, 2015.
Mumahhad, dkk, “Sistem Temu Kembali Informasi dalam Dokumen Menggunakan Metode Latent Semantic Indexing”, Jurnal Masyarakat Informatika, Volume 3, Nomor 5, ISSN 2083 – 4930, 2012
Rachman, Hastarita Fika, “Sistem Temu Kembali Informasi Menggunakan Model Ruang Vektor dan Inverted Index”, Madura, Jurnal SimanteC, Vol 2, No 3 Juni 2012, ISSN 2088-2130, 2012.
Magdalena, 2015, “Pemanfaatan Sarana Temu Kembali Informasi Khususnya Katalog UPT Perpustakaan UNIMA Oleh Mahasiswa”, Journal “Acta Diurna” Volume IV. No.1. Tahun 2015.
Very Christioko, Bernadus, “Implementasi Sistem Temu Kembali Informasi Studi Kasus: Dokumen Teks Berbahasa Indonesia (Implementation of Information Retrieval System Case Study: Text Document in Indonesian Language)”, Jurnal Transformatika, Vol. 10, No. 1, 2012.
Yahma Wisyani, “Query Ganda Pada Sistem Temu Kembali Informasi Berbasis Jaringan Inferensi”, MAKARA, SAINS, VOL. 8, NO. 2, AGUSTUS 2004: 76-84, 2004.
Putung, Carter dkk, “Penerapan Sistem Temu Kembali Informasi Pada Dokumen Skripsi”, E-journal Teknik Informatika, Volume 8, No 1 (2016), ISSN : 2301-8364, 2016.
Iyan Mulyana, Andi Chairunnas, Aries Maesya, “Identifikasi Plagiasi Karya Ilmiah berbasis Temu KembaliInformasi Menggunakan Algoritam Edit Distance Melalui Peringkasan Teks Otomatis”, Seminar Nasional Teknologi,Bogor, 2015.
Hamzah, Amir, “Temu kembali Informasi Berbasis Kluster Untuk Sistem Temu Kembali Informasi Teks Bahasa Indonesia”, Jurnal Teknologi, Vol 2. No. 1, Akprind, Yogyakarta, 2009.
Published
2018-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 189 times
PDF downloaded = 120 times