Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Untuk Topik HTML 5 Menggunakan Model User-Centered Design

Authors

  • Maretha Ruswiansari Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Nanang Fakhrur Rozi Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31961/eltikom.v2i2.83

Keywords:

Aplikasi pembelajaran, Asisten otomatis, HTML5, Web, User-Centered Design

Abstract

Indonesia merupakan suatu negara kepulauan dengan jumlah pulau yang ada sampai saat ini adalah sebesar 13.466 pulau di Indonesia. Lokasi negara Indonesia sendiri pada 6o Lintang Utara sampai dengan 11o Lintang Selatan. Dimana Indonesia menyatakan bahwa laut Indonesia merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jenjang Sekolah Menengah diIndonesia ada dua, yaitu Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan. Sekolah Menengah Kejuruan disiapkan untuk bekerja setelah lulus, sedangkan Sekolah Menengah Atas dan Sederajat hanya diberikan ketrampilan kerja 30% karena fokus Sekolah Menengah Atas adalah bersifat teoritis. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi pembelajaran yang dapat dijalankan pada web dan android. Untuk membangun aplikasi pembelajaran ini kami menggunakan model User-Centered Design dimana model ini berfokus pada kebutuhan pengguna. Aplikasi web pembelajaran dapat diakses pada www.belajarkompeten.com. Fokus pada penelitian ini adalah pada proses belajar HTML5, dimana HTML5 ini merupakan bahasa pemrograman dasar untuk mengembangkan sebuah web. HTML5 sendiri tidak dapat dipisahkan dari CSS, JavaScript, dan PHP. Kami melakukan survey pada dua Sekolah Menengah Atas yang ada di Surabaya. Dengan jumlah siswa 60 siswa. Sampai saat ini, aplikasi yang dibangun masih dalam tahap pengembangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. D. Larasati, “Tantangan Internal dalam Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia,” Jurnal Hubungan Internasional, vol. 2, hlm. 99–116, Des 2017.
JawaPos.com, “Tingkat Pengangguran Lulusan SMA dan SMK Paling Besar,” 2018. [Daring]. Tersedia pada: https://www.jawapos.com/ekonomi/05/11/2018/tingkat-pengangguran-lulusan-sma-dan-smk-paling-besar. [Diakses: 17-Des-2018].
S. Diah, “Pengaruh Kompetensi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Di Kantor PT. Kitadin Tenggarong Seberang,” eJournal Administrasi Negara, vol. 5, no. 2, 2017.
Badan Ekonomi Kreatif, “Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif,” Direktorat Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif, Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan, Badan Ekonomi Kreatif, Jakarta, 2017.
M. Mantasia dan H. Jaya, “Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penguatan dan Penunjang Metode Pembelajaran di SMK untuk Implementasi Kurikulum 2013,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 6, no. 3, hlm. 281–291, Nov 2016.
A. Kristanto dan P. Roniwijaya, “Kontribusi Pembelajaran Menggunakan Media Berbasis Komputer dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Perawatan Chasis dan Pemindah Tenaga Siswa Kelas XI Program Keaglian Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013,” TAMAN VOKASI, vol. 1, no. 1, Mar 2017.
R. Arief, M. I. Wazirudin, A. Rachman, dan D. P. Hapsari, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran TIK Berbasis Web Menggunakan Model ADDIE untuk Siswa SMK,” Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, vol. 6, no. 1, hlm. 509–514, Sep 2018.
M. Rohandi, N. Husain, dan I. W. Bay, “Pengembangan Mobile-Assisted Language Learning Menggunakan User Centered Design,” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), vol. 7, no. 1, 2018.
V. Sripathi dan V. Sandru, “Effective Usability Testing - Knowledge of User Centered Design is Key Re-quirement,” International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, vol. 3, no. 1, 2013.
bps.go.id, “Jumlah sekolah, guru dan murid sekolah menengah atas,” Apr-2016. [Daring]. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1837.
S. N. Puspitasari, “Jumlah SMK Akan Mendominasi,” 27-Sep-2015. [Daring]. Tersedia pada: http://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2015/09/27/343941/jumlah-smk-akan-mendominasi.
D. Harminder Pal Singh, “Improving Software Reliability, Productivity and Quality Using Software Met-rics,” International Journal of Computer Science and Technology, vol. 7, no. 4, hlm. 16–19, Des 2016.
J. Kaur, “A Retrospection of Software Component Selection Techniques Using Computational Intelli-gence,” IJLTET, vol. 6, no. 4, hlm. 489–495, Mar 2016.
R. Stephens, Beginning Sofware Engineering. Wrox, 2015.
Computer Science Engineering, “Software Engineering,” 2016.
M. Biswa Ranjan dan P. Jaya Krushna, “A Study on the Strategic Risk Management in Software Engi-neering Projects,” International Journal of Advance Research in Computer Science and Management Studies, vol. 4, no. 2, hlm. 30–34, Feb 2016.
R. Pulakesh dan R. Dibyendu, “Development of Online Shopping System using ASP.NET Technology and Microsoft SQL,” IJARCSMS, vol. 4, no. 4, hlm. 60–68, Apr 2016.
M. West, HTML5 Foundations. Wiley, 2012.
H. C. HTML Career, “HTML5 Structure Document,” 2015. [Daring]. Tersedia pada: http://htmlweblearn.blogspot.com/2015/02/html5-structure-document.html. [Diakses: 20-Nov-2018].

Downloads

Published

28-12-2018

How to Cite

[1]
Ruswiansari, M. and Rozi, N.F. 2018. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Untuk Topik HTML 5 Menggunakan Model User-Centered Design. Jurnal ELTIKOM : Jurnal Teknik Elektro, Teknologi Informasi dan Komputer. 2, 2 (Dec. 2018), 94–101. DOI:https://doi.org/10.31961/eltikom.v2i2.83.

Issue

Section

Articles