Sistem Monitoring Kehadiran Siswa Menggunakan NodeMCU Pada Sepatu Yang Terhubung Pada Server Pemantauan Kehadiran Siswa

  • Agus Setiyo Budi Nugroho Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Talitha Almira Pama Indonesia
  • Akhdiat Qudratullah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Akhmad Saufi
Keywords: membolos, si santos, jaringan, sistem informasi, NodeMCU

Abstract

Sekolah merupakan lembaga formal yang menjadi sarana bagi setiap orang untuk mendaptkan pembelajaran melalui bimbingan yang diberikan oleh tenaga pendidik baik pendidikan akademik maupun non akademik, salah satu bentuk pembelajaran disekolah yaitu pendidikan karakter, hal ini begitu penting mengingat sering terjadinya penyimpangan norma disiplin pada kalangan siswa khususnya siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), penyimpangan yang dimaksud adalah membolos saat jam pelajaran berlangsung. Hasil survei yang dilakukan pada 75 orang responden yang berasal dari siswa SMA sederajat di Banjarmasin menunjukkan 52% tindakan membolos terjadi karena kemauan sendiri, sedangkan 48% berdasarkan ajakan teman. Berdasarkan pada masalah tersebut diciptkanlah alat bernama si santos ( sistem sepatu anti bolos ) yang menggabungkan beberapa konsep teknologi seperti mikrocontroller, desain jaringan, serta sistem informasi. Mikrocontroller yang terdiri dari NodeMCU, sensor tekanan serta baterai berurukuran kecil akan dipasang pada sepatu siswa, saat sensor ditekan, NodeMCU aktif dan secara otomatis terhubung pada sinyal dalam bentuk ssid (Service Set Identifier) yang dipancarkan oleh access point jaringan. Setiap sepatu yang terhubung ke jaringan akan ditampilkan pada sistem informasi bahwa siswa tersebut tidak dalam keadaan membolos, namun apabila sepatu siswa tidak terhubung ke jaringan akan terdapat dua kondisi, pertama jika tidak terhubung sebelum jam pelajaran pertama maka sistem akan mengirimkan instant message telegram kepada orang tua siswa, kondisi kedua jika tidak terhubung setelah jam pelajaran pertama maka sistem akan menampilkan informasi siswa membolos. Melalui output sistem ini tindakan siswa selalu terpantau dan harapanya melalui alat ini dapat meminimalisir bahkan menghilangkan pelanggaran disiplin oleh siswa selama di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Andi Setiawan, “Mengatasi Perilaku Membolos Melalui Pendekatan Konseling Realita Pada Siswa Kelas VII Di MTS NU Ungaran,” Suluh J. Bimbing. dan Konseling, vol. 2, no. April, pp. 22–28, 2016.
W. Wuryandani, B. Maftuh, and D. Budimansyah, “Pendidikan Karakter Disiplin Sekolah Dasar,” Cakrawala Pendidik., vol. 2, pp. 286–295, 2014.
W. Graciani, “Perilaku Membolos Siswa (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Perilaku Membolos Siswa di SMP Negeri 2 Delanggu, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten),” Universitas Sebelas Maret, 2011.
R. Parlika, N. de S. Gama, A. E. Febrianto, and A. R. Hakim, “Sistem Absensi Sidik Jari Terintegrasi Sms Gateway Berbasis Desktop Menggunakan Visual Basic Dan MYSQL,” vol. IX, pp. 7–14, 2014.
Istri Sulistiyowati, “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Berbasis SMS Gateway Sebagai Media Informasi Absensi Siswa Di SMP Negeri 1 Tambak,” Telematika, vol. 5, 2012.
E. B. Purnomowati, “Integrasi Wireless Fidelity ( WiFi ) pada jaringan Universal Mobile Telecommunication System ( UMTS ),” EECCIS, vol. II, no. 1, pp. 11–16, 2008.
H. Yuliansyah, “Uji Kinerja Pengiriman Data Secara Wireless Menggunakan Modul ESP8266 Berbasis Rest Architecture,” Electr. J. Rekayasa dan Teknol. Elektro, vol. 10, no. 2 (Mei 2016), pp. 68–77, 2016.
A. A. Mahrus, Web Design & Pemrograman Web, no. 21. 2010.
W. S. E., A. Y. Wijaya, and R. Soelaiman, “Klasifikasi Citra Menggunakan Convolutional Neural Network (Cnn) Pada Caltech 101,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 1, pp. 65–69, 2016.
G. Sastrawangsa, “Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Automatisasi Layanan Dan Informasi Mahasiswa Dalam Konsep Smart Campus,” Konf. Nas. Sist. Inform., pp. 772–776, 2017.
Published
2018-12-28
Section
Articles
Abstract viewed = 83 times
PDF downloaded = 76 times