Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Siswa Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

  • Asmadi Supriadi Sekolah Tinggi Teknologi Pelita Bangsa
  • Agung Nugroho STT Pelita Bangsa
  • Ikhsan Romli Sekolah Tinggi Teknologi Pelita Bangsa
Keywords: MySQL, SAW, Siswa terbaik, UML, Waterfall

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan pada dasarnya dibuat untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan agar tidak terjadi pengambilan keputusan secara subjektif. Pada RA Raudlatush Shibyan, proses pengambilan keputusan siswa terbaik dibuat menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang terdiri dari beberapa kriteria yaitu : kriteria Afektif, kriteria Kognitif, dan kriteria Psikomotorik. Dalam membangun sistem ini penulis menggunakan metode pengembangan menggunakan metode System Depelopment Life Cycle waterfall atau metode air terjun, dan untuk desain sistem penulis menggunakan Unified Modelling Language (UML). Untuk pembuatan aplikasi penulis menggunakan Bahasa pemograman C# dan database MySQL dan untuk pengujiannya menggunakan metode Black Box Testing.  Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pendukung keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW).

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Turban and L. Volonino, Information Technologi for Management. New jersey: Prentice Hall Inc, 2010.
D. U. Daihani, Sistem Pendukung Keputusan. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2001.
R. Fauzan, Y. Indrasary, and N. Muthia, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 79, 2018.
G. E. Rinaldhi, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa bantuan Siswa Miskin (BSM) pada SMA Negeri 1 Subah Kab. Batang,” UDN, 2013.
R. Fauzan, S. Saberan, and M. Ridwan, “A Decision Support System For Selection Of Smartphone Using Simple Additive Weighting (SAW) Method,” in Seminar Nasional Riset Terapan, 2017, pp. A15–A24.
S. Kusumadewi, Aplikasi Logika Fuzzy. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
R. A.S and M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2014.
R. Fauzan, D. O. Siahaan, and N. F. Ariyani, “Rekomendasi Kasus Penggunaan Berdasarkan Skenario Naratif Menggunakan Teknologi Semantik,” pp. 32–37.
B. Harianto, Sistem Manajemen Basis Data. Bandung: Informatika, 2004.
B. Raharjo, Membuat database menggunakan MySQL. Bandung, 2011.
Published
2018-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 307 times
PDF downloaded = 318 times