Sistem Informasi Pemeriksaan Pasien Klinik

  • Abdul Rozaq Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Novi Shintia Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Yulia Harmini Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Nadia Saraswati Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Sistem Informasi, Pemeriksaan, Pasien, Klinik drg Lili Setiyowati

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada Klinik drg. Lili Setiyowati adalah pelayanan yang dilakukan selama ini masih dilakukan secara manual baik dalam pendaftaran pasien, registrasi pasien dan pengarsipan data pasien. Sistem ini sudah dianggap tidak efektif dan efisien lagi. Mengingat jumlah pasien yang mulai bertambah sehingga pelayanan yang dilakukan menjadi lambat dan memakan wartu yang lama.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang, membangun dan mengimplementasikan Sistem Informasi Pemeriksaan Pasien Klinik drg. Lili Setiyowati.

         Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) yang terdiri dari Perencanaan Sistem, Analisis Sistem, Perancangan Sistem, Penerapan Sistem dan Pemeliharaan Sistem. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara untuk desain sistem terbagi menjadi dua yaitu sistem logis seperti perancangan DFD, CDM dan PDM, dan sistem kedua yaitu sistem fisik.

sistem informasi yang dibuat mampu menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pihak yang bersangkutan, sehingga membuat pelayanan ke pasien menjadi lebih nyaman, mudah dan cepat

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
[2] Kadir, Abdul. 2008. Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
[3] —. 2001. Pemograman Database Menggunakan Delphi 1. Vol. 1. Yogyakarta: Salemba Empat.
[4] —. 2008. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.
[5] Marlinda. 2004. Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset.
[6] Muhammad Junaidi, Tuti Alawiyah. 2013. Laporan Tugas Akhir Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pada Praktik Dokter Di Apotek Perintis. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.
[7] Munir, dan Wawan Setiawan. 2006. Pengantar Teknologi Informasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
[8] Novienty, Lolita Dewi, dan Aditya Prapanca. 2016. “Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Web.” Manajemen Informatika 3.
[9] Romzi, M. 2014. “Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris Laboratorium AMIK AKMI Baturaja.” Media Informasi dan Komputer 10.
[10] Sutarman. 2013. “Daud F. Tatang.” Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Web 85.
[11] Trimarsih, Yunita. 2014. “Sistem Informasi Berbasis Web Pada Privat Awal Belajar Cerdas Pada Web dan MySQL.” Media Informasi dan Komputer 44.
[12] Wahyudi, Bagus. 2012. Delphi 2010 dan Firebird Membuat Aplikasi Mini Market Client Server (Support Barcode Scanner). Yogyakarta: Gava Media.
Published
2017-06-12
Section
Articles
Abstract viewed = 683 times
PDF downloaded = 706 times