Sistem Informasi Penjurusan Dan Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Metode Weighted Product

Keywords: Alignment, Acceptance, Student, Weighted Product Method

Abstract

MAN 2 Model Banjarmasin adalah sekolah berbasis Islam, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2014 tentang peminatan pada pendidikan menengah SMA/MA untuk melakukan peminatan saat penerimaan peserta didik baru. Dalam penelitian ini, penulis membahas tentang sistem informasi penjurusan dan penerimaan peserta didik baru menggunakan salah satu cabang ilmu sistem pendukung keputusan berbasis kecerdasan buatan yaitu Metode Weighted Product di MAN 2 Model Banjarmasin berbasis web. Dalam implementasi code program menggunakan bahasa pemprograman PHP dengan framework codeigniter (CI) serta database MySQL. Penyeleksian ini berdasarkan atas beberapa kriteria yang ditetapkan oleh pihak sekolah MAN 2 Model Banjarmasin. Hasil penelitian ini menghasilkan program yang berjalan dengan baik. Bobot awal untuk melakukan perhitungan ketetapan penjurusan data siswa ini berupa nilai rapor sebesar 27%, nilai tes akademik sebesar 33%, dan nilai psikotes dan BTA sebesar 20%. Bobot untuk melakukan perhitungan penerimaan data siswa ini berupa nilai rapor dan nilai psikotes sebesar 20%, nilai tes akademik dan BTA sebesar 30% sebagai perhitungan data yang akan diproses untuk menghasilkan perangkingan penjurusan dan menetapkan status siswa yang diterima sejak peserta mendaftarkan dirinya sebagai calon peserta didik di MAN 2 Model Banjarmasin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemenag. (2017). Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2017-2018. Jakarta: Kementerian Agama.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 64 tentang Peminatan pada Pendidikan Menengah. Jakarta: Mendikbud.
Liang, T. A. (2005). Decision Support System and Intelligent System 7th Edition. New Delhi: Prentice'Hall of India.
Basyaib, F. (2009). Teori Pembuatan Keputusan. Jakarta: PT Grasindo.
Sianturi, Ingot Seen. (2013). Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Pemilihan Jurusan Siswa dengan Menggunakan Metode Weighted Product (WP) (Studi Kasus : SMA SWASTA HKBP DOLOKSANGGUL). Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI),Volume :1
Kurniawan,D. (2010). Evaluasi Sistem temu kembali informasi model ruang vector dengan pendekatan user judgement, Jurusan Matematika Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Lampung. Lampung: Universitas Lampung.
Pendit, PL. (2008). Perpustakaan Digital dari A sampai Z. Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri.
Fauzan, R., Siahaan, D., O., Ariyani, N., F. (2013). Rekomendasi Kasus Penggunaan Berdasarkan Skenario Naratif Menggunakan Teknologi Semantik. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, Jilid 11, Hal 34-39.
Fauzan,R., Syaripah. (2016). Sistem Prediksi Jumlah Produksi Padi Pada Kabupaten Barito Kuala Dengan Menggunakan Metode K-Nearestneighbor (Knn). Phasti, Volume 2, No 1, Hal 24-31.
Fitri, R,. Asyikin, A., N. (2015). Aplikasi Penilaian Ujian Essay Otomatis Menggunakan Metode Cosine Similarity. Jurnal POROS TEKNIK, Volume 7, Hal 88-94.
Published
2017-06-12
Section
Articles
Abstract viewed = 787 times
PDF downloaded = 667 times