Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Juara Umum Siswa Setiap Kejuruan Menggunakan Metode Analytical Hierachy Process Dan Simple Additive Weighting

Authors

  • Grace Gata Universitas Budi Luhur
  • Lusi Fajarita Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.31961/eltikom.v2i2.116

Keywords:

AHP, SAW, Sekolah Kejuruan, SPK

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan adalah suatu sistem informasi spesifik yang ditujukan untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan persoalan yang bersifat semi terstruktur. Sistem ini memiliki fasilitas untuk menghasilkan berbagai alternatif yang secara interaktif digunakan oleh pemakai. Sekolah kejuruan yang selalu melakukan perbaikan dalam meningkatkan mutu sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang keahliannya agar mampu bersaing dengan baik diluar sekolah maupun dimasa depan. Oleh karena itu pihak sekolah berupaya untuk melakukan pemilihan juara umum dari setiap kejuruan agar dapat meninjau kualitas siswa dari masing-masing kejuruan. Serta untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa dalam menempuh pendidikan sesuai dengan keahlian di bidangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan kombinasi metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan bobot dan alternatif terbaik dalam membangun sistem keputusan juara umum. Tiga prinsip memecahkan persoalan AHP, yaitu prinsip menyusun hirarki, prinsip menentukan prioritas, dan prinsip mengukur konsistensi. Pada dasarnya, metode AHP tersebut memecahkan suatu situasi kompleks, tidak terstruktur, ke dalam bagian-bagian komponennya, menata bagian atau variabel tersebut dalam suatu susunan hirarki, memberi nilai numerik pada petimbangan subjektif tentang relatif pentingnya setiap variabel, dan mensintesis berbagai pertimbangan dan meningkatkan keandalan AHP sebagai alat pengambilan keputusan. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nofriansyah., Dicky dan Sarjono D, Multi Criteria Decision Making (NCDM) Pada Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA), 2017.
Asnawati., Indra Kanedi, “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Karyawan Perseroan Terbatas Pelayaran Kumafa Lagun Marina Bengkulu”, Jurnal Media Infotama, Vol.8, No. 1, hal. 118-137, Februari, 2012.
Sulistiyani, Endang., dkk, “Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Sebagai Solusi Alternatif Dalam Pemilihan Supplier Bahan Baku Apel Di PT. Mannasatria Kusumajaya”, Technology Science and Engineering Journal, Vol.1, No. 2, hal. 87-101, Juni, 2017.
Situmorang, Harold, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Peserta Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten Langkat Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tanjung Pura Denganmenggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)”, TIMES, Vol. 4, No. 2, hal. 24-30, 2015.
Faisal dan Silvester Dian HP, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer Dan Jaringan Yang Terfavorit Dengan Menggunakan Multi-Criteria Decision Making”, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Vol.2, No. 1, hal. 11-19, April, 2015.
Ardiansyah, M Opy, dan Kristian Siregar, “. Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Analitic Hierarchy Process (AHP) pada SMK Negeri Rundeng”, Pelita Informatika Budi Darma, Vol. 15, No. 1, hal. 12-18, Oktober, 2016.
Hasibuan, Wilda Rina, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Jenis Tanaman Pada Lahan Pertanian Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)”, Agrium, Vol. 20, No. 2, hal. 157-162, Oktober, 2016.
Frieyadie, “Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan”, Jurnal Pilar Nusa Mandiri, Vol. 12, No. 1, hal. 37-45, Maret, 2016.
Supiadi, Asmadi., dkk, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Siswa Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)”, Jurnal ELTIKOM, Vol. 1, No. 1, hal. 26-33, Juni, 2017.
Isa, Indra Griha., dan George Pri Hartawan, “Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus Koperasi Mitra Setia)”, Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, Vol. 5, No. 10, hal. 139-151, Maret, 2017.

Downloads

Published

11-10-2019

How to Cite

[1]
Gata, G. and Fajarita, L. 2019. Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Juara Umum Siswa Setiap Kejuruan Menggunakan Metode Analytical Hierachy Process Dan Simple Additive Weighting. Jurnal ELTIKOM : Jurnal Teknik Elektro, Teknologi Informasi dan Komputer. 3, 2 (Oct. 2019), 45–53. DOI:https://doi.org/10.31961/eltikom.v2i2.116.

Issue

Section

Articles